Cara Kerja Mesin Empat Tak
Mesin 4 tak/langkah/stroke disebut demikian karena
memerlukan empat langkah piston dalam satu siklus kerja/usaha.
Gerakan bolak balik piston di rubah ke putaran oleh
crankshaft atau bahasa bengkelnya kruk as.
Bagaimana penjelasannya, begini
Langkah pertama, langkah hisap. Piston bergerak ke bawah
dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Ini menyebabkan kevakuman di dalam silinder. Saat
bersamaan katup/klep membuka, katup buang tertutup. Sehinggah menyebabkan
campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder.
Langkah kedua,
Langkah kompresi. Piston bergerak ke atas dari TMB ke TMA. Kondisi kedua katup
menutup. Udara dan bahan bakar terkompresi di dalam silinder karena mengecilnya
volume silinder akibat bergeraknya psiton menuju TMA. Di akhir langkah
kompresi, beberapa derajat sebelum pston mencapai TMA, busi memercikkan bunga
api untuk pembakaran pada proses selanjutnya.
Langkah ketiga, Langkah Usaha. Piston bergerak dari TMA
menuju TMB, Kedua katup posisi menutup. Pada langkah ini gerakan piston menuju
TMB di sebabkan tekan gas yang telah di bakar pada akhir langkah kompresi tadi.
Langkah ke empat,Langkah buang Piston bergerak dari TMB ke
TMA, katup buang membuka katup masuk masih tertutup. Sehinggah gas sisa
pembakaran terdorong keluar oleh piston.
Untuk lebih jelasnya perhatiakan animasi berikut.
Beitu seterusnya kembali ke langkah pertama. Setiap gerakan
piston menggerakkan kruk as 180˚ atau setengah putaran. Sehingga dalam satu
siklu usaha mesin empat tak membutuhkan dua kali putaran crank shaft / kruk as
dan empat gerakan bolak balik piston.
Mekanisme penggerak katup akn kita jelasin di tulisan
berikutnya ya Sob. Oke semoga bermanfaat.
gambar pemanis |